Home / Bangka / Bupati Bangka dan Dirjen Yankes Meresmikan Dua Puskesmas Pariwisata

Bupati Bangka dan Dirjen Yankes Meresmikan Dua Puskesmas Pariwisata

Bangka. Bupati Bangka bersama Sekretaris Dirjen Pelayanan Kesehatan (Yankes) Kemenkes RI meresmikan dua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pariwisata yang ada di Kabupaten Bangka. Kedua tempat Puskesmas tersebut yakni Puskesmas Pariwisata yang berlokasi di Kelurahan Sinar Baru dan Kelurahan Sungailiat Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka.
Pada kesempatan tersebut, Bupati Bangka bersama Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia dr. Ashar Jaya, SKM, MARS, juga meresmikan gedung Instalasi Bedah Sentral (IBS) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Bahrin Sungailiat, Senin (15/11).
Hadir pada acara tersebut, Bupati Bangka, Sekretaris Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, Sekda Bangka, Kepala Dinas Kesehatan, Para Perwakilan Kapala OPD Pemkab Bangka, Direktur RSUD Depati Bahrin, Kepala Puskesmas, Camat Sungailiat, Para Lurah, Para Dokter dan Nakes yang ada di RSUD Depati Bahrin dan Kedua Puskesmas yang diresmikan.
Bupati Bangka, Mulkan, SH, MH, menyampaikan dengan diresmikannya dua Puskesmas Pariwisata tersebut dapat menunjang akses Pariwisata Daerah lewat berbagai fasilitas yang disediakan seperti SPA, akupresur dan lain sebagainya yang ada di Kedua Puskesmas tersebut.
“Seperti kita ketahui Puskesmas merupakan pelayanan dasar sebelum melakukan rujukan ke Rumah Sakit, lewat sarana dan prasarana yang mamadai dapat menunjang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) karena Bangka termasuk 10 destinasi pariwisata Nasional,” Terang Mulkan.
Dikatakannya, untuk penyediaan terhadap IBS selama ini belum dioptimalkan yang terletak di RSUD Depati Bahrin ini juga diharapkan dapat segera dioptimalkan serta mempermudah pelayanan kepada pasien yang dinilai butuh pertolongan melalui prosedur medis secara tetap dan cepat.
“Inilah sebagai langkah dari Pemerintah Daerah dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat kita, sarana prasarana yang ada harus kita miliki dan kita kembangkan lewat leading sektor terkait. Instalasi Bedah Sentral RSUD Depati Bahrin memberikan keterbukaan kepada semua unit kesehatan apa saja yang perlu ditunjang oleh Pemerintah Pusat kalau ada silahkan sampaikan,” Jelasnya.
Ia menegaskan bahwa bukti nyata Pemkab Bangka yang saat ini fokus meningkatkan fasilitas kesehatan dengan akan menambah 1 unit lagi alat Trombosit yang terletak di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bangka.
“Alhamdulillah kita sudah memiliki 1 alat trombosit di PMI dan akan kita tambah lagi nantinya sebagai safety kita,” Ungkapnya.
Ditempat yang sama, Sekretaris Dirjen Pelayanan Kesehatan, Kemenkes RI dr. Ashar Jaya, SKM, MARS, mengapresiasi keberadaan dua Puskesmas Pariwisata yang ada di Kabupaten Bangka, dan menurutnya hal tersebut sejalan dengan komitmen Pemkab dalam memajukan Pariwisata bertaraf Internasional.
“Segala sesuatu untuk mendukung Pariwisata maka Puskesmasnya juga harus siap. Menurut saya bangunan gedungnya sudah memenuhi standar yang diinginkan,” Imbuhnya.
Dirinya berharap, Tenaga Kesehatan (Nakes) yang bertugas dapat memberi pelayanan prima kepada masyarakat sehingga menimbulkan feedback positif atau dampak kesehatan baik pasien maupun pengunjung.
“Yang paling penting bukan bangunannya saja, yang tak kalah lebih penting tenaga kesehatan dapat mengelola pelayanan kesehatan dengan baik sehingga berpengaruh pada kesehatan pasien dan para pengunjungnya,” Kata Sekretaris Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *