Home / Pangkalpinang / Tingkat SDM Unggul, DPRD Babel Dukung Program PISA

Tingkat SDM Unggul, DPRD Babel Dukung Program PISA

PANGKALPINANG – Plt. Ketua DPRD Bangka Belitung, Amri Cahyadi menghadiri Rapat Koordinasi bersama Dewan Pendidikan yang langsung dihadiri Prof Dr Bustami Rahman dan Gubernur Provinsi Kepulaun Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, di Ruang Pasir Padi, Kantor Gubernur Provinsi Kepulaun Bangka Belitung, Jum’at (15/1).

Dalam rakor tersebut, Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman menjelaskan tujuan dan maksud dari Programme For International Student Assessment (PISA) menuju Babel Berdaya secara rinci di 2021, tahun ini.

“PISA atau kepanjangan dari Programme for International Student Assessment ialah studi internasional tentang prestasi literasi membaca, matematika, dan sains siswa sekolah berusia 15 tahun.” Jelas Gubernur di hadapan tamu undangan lainnya.

Lebih lanjut, PISA merupakan studi yang diselenggarakan setiap tiga tahun sekali dan telah dimulai sejak 2000, 2003, 2006, 2009, 2012 dan sampai 2021. Namun negara Indonesia sendiri, kata Erzaldi telah mulai sepenuhnya berpartisipasi sejak 2001. Pada setiap siklus, terdapat satu domain major sebagai fokus studi.

“PISA tidak hanya memberikan informasi tentang benchmark Internasional tetapi juga informasi mengenai kelemahan serta kekuatan siswa beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya,”terangnya.

Di kesempatan yang sama, Plt Ketua DPRD Bangka Belitung, Amri Cahyadi mengatakan pihaknya selalu mendukung ikhtiar Pemprov Babel dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Babel kedepan.

“Ini harus didukung, di legislatif memiliki fungsi penganggaran dan pengawasan, setelah mendengar presentasi Pak Gubernur tadi, kami wajib mendukung, dan InsyaAllah akan kita sampaikan ke Komisi IV DPRD Babel,” Sampainya.

Lebih lanjut, Ia pun mengharapkan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan Pemda tiap Kabupaten dan Pemerintah Kota untuk berkoordinasi dengan baik mengingat program ini berkesinambungan.(wtp).

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *