Home / Provinsi Babel / DPRD Provinsi Babel Tengah Membahas Perda Peternakan

DPRD Provinsi Babel Tengah Membahas Perda Peternakan

Adet Anggota pansus peternakan

PANGKALPINANG – Pansus Peternakan DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) saat ini sedang membahas Perda Penyelenggaraan Peternakan dan Kesehatan Hewan.

“Yang mana kita akan mengatur regulasi berkenaan dengan peternakan ini, dimana Provinsi Babel ada dua komoditas unggulan, yang pertama, sapi dan yang kedua, unggas,” kata Anggota Pansus Peternakan DPRD Babel, Adet Mastur kepada wartawan, Rabu (16/9).

Berkenaan dengan peternakan sapi, dia berharap, di dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) maupun Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM), Babel dapat menjadi daerah swasembada daging.

“Hampir setiap kali lebaran, kita mengalami permasalahan-permasalahan daging. Dengan banyaknya komoditas sapi, berarti harga daging akan menurun dan bisa dinikmati oleh masyarakat yang ada di Babel,” ujarnya.

“Oleh karena itu, untuk mempersiapkan regulasi ini, kita juga akan mempersiapkan infrastruktur, karena kita sudah ada UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas-red) tentang peternakan yang ada di Air Pelempang (Kabupaten Bangka),” imbuhnya.

Adet menyebutkan, ada dua program untuk peternakan sapi, yakni, program penggemukan dan perkembangbiakan sapi. “Nah untuk perkembangbiakan sapi ini diserahkan kepada masyarakat lewat kelompok-kelompok peternakan yang ada di Babel,” terangnya.

“Kelompok-kelompok peternakan ini sudah banyak sekali di Babel. Hampir di setiap desa, mereka beternak sapi dan di dalam APBD kemarin, kita juga sudah mengasuransikan sapi ini,” tambahnya.

Selain swasembada daging, Politikus PDI Perjuangan ini juga menginginkan dan mendukung agar komoditi sapi ini dapat memberikan nilai tambah yakni, susu sapi.

Selain sapi, produk unggulan Babel yang akan di atur dalam Perda itu adalah hewan unggas jenis ayam, yang dibagi menjadi dua program, yakni, ayam potong dan ayam ras merawang.

“Karena ini adalah produk lokal kita dan berdasarkan hasil kunjungan kita kemarin, bahwa Palembang siap untuk menandatangani kerjasama pembelian ayam merawang ini,” tuturnya. (*)

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *