Home / Bangka Barat / Camat Parit Tiga Ajak Anak Anak Gemar Makan Ikan

Camat Parit Tiga Ajak Anak Anak Gemar Makan Ikan

Parit Tiga –Camat Madirisa S,Pd mengajak anak anak yang masih duduk di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk selalu mengkonsumsi makanan berbahan ikan. Makan ikan penting penting dilakukan agar anak anak sehat, kuat dan cerdas.
Ajakan tersebut disampaikan Madirisa saat sosialisasi Gerakan Edukasi Makan Ikan Cegah Stunting, dan kegiatan gerak lagu senam gemar makan ikan, bacakan buku, pembelajaran sesuai RPPH yang digelar oleh HIMPAUDI Kecamatan Parit Tiga bertempat di Pantai Dusun Penganak Kecamatan Parit Kabupaten Bangka Barat, Kamis (21/11/2019) sekitar pukul 08.00 Wib. “Ayo anak-anakku, setiap hari harus makan ikan ya. Biar sehat, kuat dan sehat,” ajak Camat kepada ratusan anak-anak PAUD beserta guru dan wali muridnya  se Kecamatan Parit Tiga.
Camat mengingatkan, salah satu upaya peningkatan status gizi anak adalah dengan pemberian makanan tambahan anak sekolah. Dimana tujuan pemberian makanan tambahan seperti ikan bisa mencegah kekurangan protein bagi anak, juga memberikan ketahanan tubuh siswa pada saat jam belajar.
Kata Madirisa, untuk mengurangi  kebiasaan jajan yang kurang sehat. Banyaknya   pedagang  jajanan anak yang mangkal di sekitar sekolah yang biasanya banyak mengandung pemanis buatan, pengawet dan penyedap yang tidak baik untuk kesehatan. diharapkan anak sekolah dapat mengurangi kebiasaannya mengkonsumsi jajanan dan beralih pada makanan sehat yang bebas dari zat berbahaya.
Makanan tambahan yang diberikan, lanjutnya, makanan yang bersih, sehat dan bergizi. Dan salah satu jenis makanan yang memenuhi kriteria gizi berimbang adalah ikan.
Karena ikan merupakan produk pangan yang mengandung protein hewani yang tinggi karena di dalamnya terkandung asam lemak tidak jenuh dan omega 3, yang mampu meningkatkan kecerdasan bagi anak. “Setiap keluarga, dalam menu makan sehari-hari diupayakan dan ditingkatkan khususnya protein hewani yang berasal dari ikan. Sehingga kebutuhan nilai gizi terutama pada masa pertumbuhan dapat terpenuhi,” ujar Camat Parit Tiga
Ia menyampaikan bahwa Gerakan Edukasi” Makan Ikan Cegah Stunting” di PAUD Serentak Se-Indonesia jam 08.00 Wib Kamis, 21 November 2019 dengan diawali senam gemar makan ikan.  Dia mengajak anak-anak untuk gemar makan ikan sebagai upaya gerakan moral yang memotivasi anak anak untuk mengkonsumsi ikan. Dalam gerakan makan ikan ini, Camat menjelaskan, mengenai pentingnya makan ikan, seperti kandungan nilai gizi yang sangat tinggi dan lengkap. Baik protein, mineral, vitamin dan lemak dengan asam lemak tidak jenuh. “Mengkonsumsi ikan mampu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan otak,” kata Madirisa.
Camat menambahkan, salah satu cara agar anak-anak gemar makan ikan yaitu dengan mengolahnya dalam berbagai bentuk, seperti nugget atau olahan ikan lainnya. “Selain lebih kekinian,  kekhawatiran akan tersedak duri akan terhindar, dan anak-anak lebih tertarik untuk mengkonsumsi setelah diolah dalam bentuk lain,” ucapnya.
Ia juga menyampaikan terima kasih Kepada HIMPAUDI Kecamatan Parit Tiga yang menggelar sosialisasi Gemarikan Tahun 2019,  Senam Gemari Bersama yang diikuti ratusan anak PAUD beserta guru dan wali murid di wilayah Kecamatan Parit Tiga.
Selanjutnya, Camat Madirisa menyampaikan mudah-mudahan, kegiatan senam dan gemar makan ikan ini akan memberikan kebanggaan dan kebahagiaan bagi kita semua di wilayah Kecamatan Parit Tiga dengan kehadiran Ibu Ibu PAUD Kecamatan di tengah-tengah kita.
Hadir dalam kegiatan gemar makan ikan tersebut, Camat Madirisa S,Pd, Kepala Desa Air Gantang Alikan, Penilik KUPT Dinas Pendidikan Parit Tiga Unang Gunadi, Pengawas SD Nispuati S,Pd, Pengurus IGTKI Sundari S,Pd, Sampara S,Pd, Ketua HIMPAUDI Kecamatan Ibu Samarah, dan juga para guru Paud, TK serta wali murid. (SN)

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *