Home / Bangka Barat / Kepala Desa Sekar Biru Sosialisasi Dan Menyemprot Untuk Pencegahan Wabah Virus Corona Di Masyarakat

Kepala Desa Sekar Biru Sosialisasi Dan Menyemprot Untuk Pencegahan Wabah Virus Corona Di Masyarakat

 

Parittiga–Merebaknya wabah corona atau covid-19 membuat semua pihak terus menggencarkan upaya pencegahan dan penanggulangan.
Pemerintah Desa Sekar Biru bekerja sama dengan Puskesmas Sekar Biru, Babinsa TNI, dan Babinkamtibmas juga tak henti menggaungkan gerakan pencegahan wabah virus corona ini.
Kepala Desa Erwin Fauzi mengungkapkan pihaknya memang menggencarkan sosialisasi ke masyarakat dan lingkungan Desa Sekar Biru untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akibat wabah virus corona.
Utamanya perihal pencegahan corona mulai dari menjaga pola hidup bersih sehat, cuci tangan sebelum dan sesudah aktivitas, hingga imbauan sosial distancing atau menghindari kerumunan serta menjaga jarak jika berinteraksi.
“ Kita bersama semua Perangkat Desa Sekar Biru, bersama Puskesmas Sekar Biru, sudah mensosialisasikan virus corona. Penekanannya masyarakat kami minta menaati pola hidup bersih cuci tangan pakai sabun. Semua masyarakat kami anjurkan pasang kran di depan rumahnya,” paparnya di sela kegiatan penyemprotan menggunakan desinfektan Rabu siang (1/4/2020).
Selain itu, pihaknya juga aktif memberikan pemahaman meniadakan semua kegiatan yang berpotensi mengumpulkan orang banyak. Seperti hajatan mantu, khitanan, perkumpulan lainnya sementara ditangguhkan.
“Insya Allah masyarakat kami di Desa Sekar Biru menaati imbauan dari pemerintah. Karena sudah ada Maklumat Kapolri juga. Kami gencarkan sosialisasi untuk membuka wawasan masyarakat sehingga bisa menjaga diri dengan social distancing sehingga harapannya bisa memutus mata rantai penyebaran covid-19,” ujar Erwin Fauzi.
Kemudian, penyemprotan desinfektan semua Dusun dan lingkungan Desa Sekar Biru sudah kita laksanakan. Termasuk pantauan terhadap pelaku perjalanan (PP) juga terus dilakukan bersinergi dengan Puskesmas, Babinsa TNI, dan Babinkamtibmas serta semua Perangkat Desa.
“Kami dari Pemerintah Desa Sekar Biru bersama Puskesmas Sekar Biru selalu bersinergi dalam hal penanganan covid-19 di lingkungan Desa Sekar Biru. Untuk PP yang baru pulang dari luar kota, dan yang berdomisili di Desa Sekar Biru siapa saja dan dari mana saja, kami lakukan pendekatan persuasif agar melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari. Alhamdulillah semua bisa menaati dan sampai sekarang belum ada kasus di Desa kita,” tukasnya Kepala Desa.
Kita juga turut terjun sosialisasi, menyampaikan sejauh ini PP di wilayah Desa Sekar Biru, relatif sudah secara sadar menaati imbauan untuk melapor dan karantina mandiri selama 14 hari.
Jika ada PP yang bandel, tim bersama melakukan pemahaman dan pendekatan persuasif sehingga bisa menaati aturan.
“Ketika ada keluhan selama 14 hari itu, kami minta PP segera lapor tim medis atau Puskesmas Sekar Biru agar dilakukan penanganan. Alhamdulillah sampai hari ini semua baik, harapan kami, dengan kesadaran, sinergitas dan ikhtiar bersama-sama, Desa Sekar Biru Insya Allah belum ada ditemukannya kasus wabah virus corona,” tandasnya Erwin Fauzi. (SN)

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *